Vitamin Yang dibutuhkan Wanita Agar Cepat Hamil

Tanya:
Vitamin apa yang dibutuhkan wanita agar cepat hamil?

Jawab:

Ini adalah pertanyaaan yang bagus sebab, mayoritas pasangan tidak mempertimbangkan peran nutrisi, gizi, ataupun vitamin untuk meningkatkan peluang wanita hamil. Mereka mengira bahwa obat-obatan kima adalah jalan satu-satunya untuk meningkatkan kesuburan mereka.

makanan utuh jauh lebih baik

makanan utuh jauh lebih baik

Beberapa jenis vitamin terbaik yang dibutuhkan calon ibu (juga calon ayah):
1. Vitamin B6
Ini mutlak dibutuhkan karena mendukung produksi hormon seksual wanita. Jenis makanan yang kaya vit B6 contohnya: Sayuran hijau, kacang, kecambah (tauge), Sereal, Beras merah. Konsumsilah makanan yang se alami mungkin, jangan pilih bahan yang sudah dikemas dalam kaleng ataupun pengawet.

2. Asam Folat (Vit B9)
Gizi ini diperlukan untuk mencegah kelainan dan perkembangan tabung otak bayi. Contohnya bisa didapat dari bayam, brokoli, kacang polong, asparagus, dll. Biasanya ibu yang dalam program hamil juga mengkonsumsi pil ataupun tablet asam folat yang bisa dibeli di apotik terdekat untuk meningkatkan asupan harian mereka. Sebaiknya suplemen ini dikonsumsi tiap hari pada saat persiapan menuju kehamilan.

3. Vitamin C
Ini adalah bagian yang penting dikonsumsi baik untuk ibu dan ayah karena berperan penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan memperbaiki kualitas hormon seksual anda. Contoh makanan yang mengandung vit C: Jambu, jeruk, mangga, dan buah-buahan lainnnya.

4. Zat Besi
Penting untuk produksi sel darah merah, dan mengatasi anemia ataupun kurang darah. Banyak ibu yang tidak bisa hamil karena mereka sebenarnya sangat kekurangan darah dan untuk meningkatkan kesuburan mereka harus mengkonsumsi zat besi ini, bisa didapatkan dari hati, daging sapi, daging kambing, daging ayam, dan sayuran hijau.

5. Zat Seng (Zinc)
Berguna untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma pria, pada wanita berfungsi untuk menyeimbangkan hormon estrogen anda sehingga nantinya kualitas sel telur yang diproduksi bisa baik, juga menstruasi anda lebih lancar.

Sebaiknya hindari vitamin cepat hamil yang mungkin dijual diapotik dalam bentuk obat-obatan jika anda tidak berkonsultasi dengan dokter kandungan. Karena tentunya ada efek samping yang bisa ditimbulkan dari bahan kimia yang terkandung. Fokus kepada cara alami dan aman yaitu dengan memperbaiki pola makan dan gizi. Kalaupun anda mengkonsumsi suplemen, haruslah tetap didukung dengan makanan utuh yang anda dapatkan dari sumber alami. Sebab makanan adalah yang utama.

Semoga bermanfaat.

This entry was posted in kesuburan wanita. Bookmark the permalink.